Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Daerah, Kesehatan29 Dilihat

LABUHANBATU, Terbitan.com Menjelang Bulan Ramadhan Sabtu, (2/4/2022) umat muslim wajib menjalankan ibadah salah satunya Puasa. Namun puasa juga dapat dilakukan oleh yang Non Muslim dikarenakan dari berbagai sumber ternyata Berpuasa memberikan manfaat bagi kesehatan.

Berpuasa adalah proses menahan hawa nafsu dan lapar sehingga berpuasa dapat melatih diri untuk membentuk Ketahanan tubuh.

Ada beberapa manfaat Berpuasa bagi kesehatan yaitu
1.Menurunkan Berat Badan dan mencegah Obesitas karena pada saat kita berpuasa tubuh kita akan memulai proses ketosis yaitu proses pemecahan lemak didalam organ tubuh dan di proses menjadi sumber energi sehingga berpuasa menjadi salah satu program diet yang sangat baik untuk menurunkan berat badan.

2.Mengistirahatkan sistem pencernaan.
Berpuasa bisa memberikan waktu istirahat bagi organ pencernaan di dalam tubuh. Hal ini akan membuat otot-otot pencernaan jauh lebih kuat dalam memproses makanan. Puasa juga bisa meningkatkan kebutuhan serat pada tubuh dan berfungsi untuk mencegah berbagai penyakit pencernaan.

3.Meningkatkan imunitas.
Meski kita sedang berpuasa, tentu kita akan membutuhkan energi untuk tetap bertenaga. Maka kita pun akan fokus menerapkan pola hidup sehat dengan makanan bergizi dan vitamin, yang bermanfaat untuk meningkatkan imunitas.

4.Detoksifikasi racun
Terkadang tanpa kita sadari santapan yang masuk ke tubuh setiap harinya mengandung berbagai jenis zat. Jika tidak segera dikeluarkan, maka bisa-bisa menumpuk dan menjadi senyawa berbahaya, sehingga menjadi penyebab berbagai penyakit.

Dengan berpuasa, organ yang berfungsi membuang racun di dalam tubuh akan bekerja lebih efektif.Dikarenakan Organ ini memiliki waktu untuk mencerna dan mengeluarkan berbagai senyawa tersebut.

5.Membuat tenang hati dan pikiran
Dengan Berpuasa, kita akan lebih belajar bagaimana cara mengontrol diri dan emosi. Hal ini membuat kita lebih memilih untuk beramal dan beribadah. Tidak heran bila pikiran dan hati kita pun akan lebih tenang dan damai.

6.Menghilangkan kecanduan
Puasa juga mengajarkan kita untuk mengontrol dan menahan berbagai kemauan jasmani. Hal ini terbukti dari banyaknya orang yang mampu lepas dari kecanduan nikotin dan makanan manis.

7.Menurunkan gula darah
Saat puasa, umumnya tubuh tidak mendapatkan asupan gula yang banyak. Simpanan gula tersebut akan dilepaskan menjadi cadangan energi untuk tubuh.

Inilah yang menyebabkan terjadi penurunan kadar gula. Bahkan, ada ahli yang mengatakan bahwa dengan berpuasa kamu bisa mengurangi kadar gula sebanyak 30%.

Selain ke 7 manfaat puasa bagi kesehatan, menurut Sunario (salah satu masyarakat yang menjalankan puasa), berpuasa juga membuat dirinya merasakan kehidupan bagaimana para kaum Duafa yang serba kekurangan menjalani kehidupan sehingga Sunario merasa dapat lebih menghargai dan akan terus berbagi buat sesama.