Selain Reward, Tiga Desa Mandiri di Sampang Bisa Cairkan DD Lebih Cepat

Nasional139 Dilihat

Sampang II Suaraistana.com

Sebanyak tiga desa di Sampang, Madura, Jawa Timur, berstatus Desa Maju pada 2021 lalu, kini tiga kembali sukses masuk kategori Desa Mandiri berdasarkan Indeks Desa Membangun (IDM), dan Keputusan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Republik Indonesia.

“Tiga desa yang masuk kategori Desa Mandiri. Yakni, Desa Banyuates Kecamatan Banyuates, Desa Pangarengan Kecamatan Pangarengan, dan Desa Jelgung Kecamatan Robatal,” ungkap Taufiqurrahcman, Kabid Pemberdayaan Ekonomi dan Teknologi Tepat Guna Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) Kabupaten Sampang pada SuaraIstana.com, Jumat (13/1/2023).

Lebih lanjut Taufiqurrahcman mengatakan, bahwa setelah menjadi Desa Mandiri, akan banyak keunggulan yang di dapat desa itu, Di antaranya, reward dari Pemerintah Pusat, Provinsi hingga reward dari Pemerintah Kabupaten Sampang, dan juga ketika mencairkan Dana Desa (DD) lebih cepat hanya dua tahap.

“Sampang sudah bebas dari status desa tertinggal. Karena, sebanyak 141 desa di Sampang saat ini masuk kategori Desa Berkembang, 36 kategori Desa Maju, dan 3 desa masuk kategori Desa Mandiri,” ujarnya.

Selain itu kata Taufik, bahwa Desa Mandiri itu adalah desa yang mempunyai akses pelayanan dasar mencukupi, infrastruktur memadai, aksesibilitas/transportasi tidak sulit dan pelayanan umum bagus, serta penyelenggaraan pemerintahan sudah sangat baik.

“Jadi Desa Mandiri merupakan suatu kebanggaan bagi semua pihak. Status itu perlu dijaga, walaupun Desa Mandiri ini tidak akan turun lagi ke Desa Berkembang dan atau Desa Maju,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *