Peringati HUT ke 72, IBI Sampang Harap Pemkab Siapkan Tempat Bagi Bidan Magang

Sampang II Suaraistana.com

Pengurus Daerah (PD) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Sampang, menggelar peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 72, dengan mengangkat tema “Satukan langkah dalam transformasi kesehatan untuk penguatan pelayanan kebidanan berkesinambungan berbasis bukti ”, Jumat (23/6/2023).

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di GOR Indor tersebut, dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang, H. Yuliadi Setiawan, Wakil Ketua TPPKK Sampang Hj Fany Abdullah Hidayat, Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Sampang dr. Abdullah Najich, Ketua IBI Sampang Siti Aisyah serta Anggota Pengurus IBI se Kabupaten Sampang.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sampang H Yuliadi Setiawan, mengatakan bahwa bidan memiliki peran yang cukup penting di masyarakat, terutama untuk pengurangan angka kematian terhadap ibu dan anak. Selain itu, menurunnya angka kematian ibu dan anak tidak terlepas dari para bidan itu sendiri.

Hari ini kita rayakan HUT IBI yang ke 72, atas nama Pemerintah kami ucapkan selamat, mohon maaf Bapak Bupati tidak bisa hadir langsung di HUT ke 72 ini, dan semoga IBI Sampang makin kompak, makin maju, dan makin jaya.

“Kami semua berhutang besar kepada para bidan. Bidan adalah ujung tombak dalam mewujudkan kesehatan ibu dan anak,” tutur Sekda Sampang H. Yuliadi Setiyawan.

Kegiatan seperti ini ujar pria yang akrab disapa H Wawan ini, tidak lepas dari peran dan sumbangsih penting bidan dalam meningkatkan kesehatan masyarakat, terutama melalui pelayanan bagi ibu dan anak. Apalagi bidan adalah pemegang pertama bayi yang masih suci saat baru lahir bahkan lebih awal dari orang tuanya.

Ini semua menunjukkan bahwa bidan adalah satu profesi yang saat ini sangat dekat dengan masyarakat. Apalagi saat ini kita dihadapkan dengan menurunkan angka stunting. Peran bidan sangatlah penting. Bidan ini sangat luar biasa karena yang mampu memegang bayi baru lahir yang masih suci itu adalah bidan bukan orang tuanya.

H Wawan berharap tranformasi kesehatan tersebut mampu dilaksanakan dengan baik serta penguatan pelayanan kebidanan terhadap masyarakat terus dimaksimalkan sebaik mungkin.

“Semoga kegiatan hari ini dapat memberikan manfaat yang seluas-luasnya, dimana IBI memiliki peran yang sangat besar. Kepada IBI saya ucapkan selamat hari ulang tahun ke 72 sukses dan sudah pasti hebat bermartabat”, pungkasnya.

Sementara, Ketua IBI Cabang Sampang, Siti Aisyah, mengatakan bahwa pada tanggal 24 Juni 1951 dipandang sebagai hari jadi IBI. Pengukuhan hari lahirnya IBI tersebut didasarkan atas hasil konferensi bidan pertama yang diselenggarakan di Jakarta 24 Juni 1951.

Acara Peringatan HUT IBI Sampang ke 72 di GOR Indor Sampang Dihadiri Sekretaris Daerah Sampang H. Yuliadi Setiawan.

Anggota IBI Sampang yang sudah bergabung sebanyak 1009 orang, dari jumlah tersebut saat ini tersisa1003 anggota karena ada 6 bidan di mutasi ke Sidoarjo dan Pamekasan ada juga yang masih magang.

Selain itu, Aisyah meminta kepada pemerintah kabupaten Sampang agar para profesi bidan yang masih dalam tahap magang mampu diberikan tempat agar mereka tidak kebingungan dalam mencari pekerjaan serta menuju Sampang Hebat Bermartabat.

“Maka kami mohon kepada bapak sekda yang mewakili Bupati Sampang agar mereka yang masih magang ini disiapkan tempat supaya mudah dalam mencari pekerjaan menuju Sampang Hebat Bermartabat,” ujarnya.

Siti Aisyah mengajak kepada anggota IBI Sampang untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta meningkatkan pendidikan demi masa depan.

Terima kasih di usia organisasi kami yang ke 72 kami berjanji akan selalu memberikan pelayanan yang terbaik khususnya kepada Ibu bayi balita dan anak di wilayah Kabupaten Sampang,” tutup Aisyah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *