Dana Hibah Pemprov Jatim Terus Ngalir ke Ratusan Pokmas Sampang

Daerah675 Dilihat

Sampang II Suaraistana.com

Dana hibah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur, yang melalui Dinas PU Bina Marga setempat terus mengalir ke ratusan Kelompok Masyarakat (Pokmas) Kabupaten Sampang, Madura.

Tahun ini sebanyak 345 Pokmas di Kabupaten Sampang mendapatkan dana hibah dari Pemprov Jatim melalui Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Jatim, hal tersebut diungkap Sutami salah satu staf PU Bina Marga Jatim di Sampang kepada awak media pada (05/12/2023) kemarin.

Saat ini dana hibah Pokmas itu lanjut sambung Sutami, mengatakan ada yang realisasi, ada yang sedang dan bahkan juga ada yang masih menunggu proses penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

Dari jumlah 345 Pokmas itu, Di antaranya, Pokmas reguler sebanyak 329 lokasi, dan Pokmas PAK sebanyak 16 lokasi. Sementara lokasi hampir merata di 14 Kecamatan Kabupaten Sampang.

Nilai anggaran Pokmas ini tidak sama, minimal Rp 100 juta hingga Rp 250 juta.

“Rata-rata pengerjaan Pokmas 2023 ini di antaranya, Pembangunan rabat beton, Plengsengan, Tembok Penahan Tanah dan Pengaspalan,” ujarnya.

Sutami menambahkan bahwa penerima hibah Pokmas ini sebagian sudah proses penandatanganan NPHD Pokmas sejak Oktober, November dan terakhir Desember 2023.

NPHD Pokmas ini ada yang ke Bangkalan, Surabaya, Pamekasan dan dilaksanakan di Sampang sendiri.

Sementara untuk target pengerjaan Pokmas ini tergantung dari masa pencairan. Yakni, 3 bulan 10 hari, jadi untuk yang NPHD bulan Oktober 2023 kemarin laporan pertanggungjawabannya harus masuk pada Februari 2024.

“Jadi, untuk laporan pertanggungjawaban Pokmas yang sudah realisasi belum ada yang menyetor ke kami,” pungkas Sutami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *