APBDes Gunung Eleh 2024 Disahkan, Fokus Pembangunan dan Pelayanan

Sampang II Suaraistana.com

Pemerintah Desa Gunung Eleh, Kecamatan Kedungdung, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, menggelar Musyawarah Desa tentang Penetapan Rancangan RKPDes Tahun 2024 dan Pengesahan Dokumen RKPDes 2024.

Kegiatan tersebut, dihadiri PJ Kades Gunung Eleh Rofi Ukhrowi, Kasi PMD Kecamatan Kedungdung, Babinsa, Babinkamtibmas, Pendamping Desa, Ketua dan Anggota BPD, Perangkat Desa, Tokoh Masyarakat, serta Tokoh Agama Desa setempat.

Kasi PMD Dan Kesos Kecamatan Kedungdung M Anwar dalam sambutannya menyampaikan bahwa anggaran yang tertuang dalam APBDes harus digunakan sesuai dengan azas manfaat. Terutama dalam rangka mendorong pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

“Jadi gunakan dan manfaatkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Desa Gunung Eleh. Baik dalam hal pembangunan, ketahanan pangan dan lain lainnya, bangun lah desa ini sebaik mungkin menggunakan anggaran yang sudah disepakati” ucap M Anwar.

Ketua BPD Gunung Eleh, Daud mengatakan, penetapan APBDes ini merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan guna memaparkan penyusunan APBDes, Mengetahui arah program pembangunan dan efektifitas penggunaan anggaran yang harus disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

“Mudah-mudahan APBDes 2024 ini tidak ada perubahan yang insidental, mari kita sama sama ikut mengawasi pembangunan yang akan dilaksanakan di Desa Gunung Eleh ini, kami sangat mendukung agar kami masyarakat desa ini dapat menuju bahagia sejahtera” tutur Daud.

Pendamping Desa Kecamatan Kedungdung Zairi mengatakan, penyusunan dan pedoman APBDes tahun 2024 dapat mewujudkan desa yang mandiri, maju, adil, dan makmur.

“Semoga penetapan APBDes Gunung Eleh 2024 dapat mendorong pembangunan desa yang lebih berkelanjutan dan berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakatnya,” ujar singkat Zairi.

Penjabat (Pj) Kepala Desa Gunung Eleh Rofi Ukhrowi dalam sambutannya mengatakan, penetapan APBDes sangat penting sebagai payung hukum penyelenggaraan roda pembangunan desa. APBDes tahun 2024 disusun sesuai dengan prioritas kegiatan yg telah ditetapkan dalam peraturan Desa serta berdasarkan ketentuan dalam peraturan perundang-undangan.

Acara Musdes Penetapan APBDes Gunung Eleh 2024, Bertempat di Balai Desa Setempat, Senin (18/12/2023) pagi.

“Dalam APBDes 2024 ini mulai dari fisik pembangunan jalan dan program pemberdayaan masyarakat desa dan kami masih melanjutkan program BLT-DD,” ujarnya.

Lebih jauh sambung Rofi mengatakan, seluruh rencana program yang tertuang dalam APBDes 2024 merupakan skala prioritas dan akan bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat.

“Alhamdulillah sebelum penetapan APBDes ini sudah laksanakan musyawarah bersama terlebih dahulu pada awal November lalu,”

Sementara Tokoh Masyarakat dan mantan Kades Gunung Eleh Akhmad Muhtadin mendukung penetapan APBDes 2024 yang fokus pada pembangunan dan pelayanan masyarakat di Desa setempat.

“Mudah-mudahan dengan ditetapkannya APBDes 2024 ini, Desa Gunung Eleh semakin maju dan masyarakat sejahtera,” harapnya.

Setelah dilakukan pembahasan secara seksama akhirnya rancangan APBDes Gunung Eleh disahkan menjadi APBDes yang ditandai dengan penandatanganan Berita Acara oleh Pj Kepala Desa dan Ketua BPD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *