6 Desa di Sampang Tak Cairkan Dana Desa Tahap I 2024

Pemerintahan2988 Dilihat

Sampang II Suaraistana.com – Hingga memasuki akhir Mei atau triwulan ke II tahun 2024, masih ada 6 desa di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, belum cairkan Dana Desa (DD) tahap I (satu) Tahun Anggaran 2024. Sebab, lamban dalam pengajuan, dampaknya desa-desa tersebut tak bisa segera menjalankan program pemerintahan yang telah dicanangkan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sampang Chalilurrahman melalui Staf Bidang Administrasi Pemerintahan Desa, Moh Imam mengatakan, desa-desa tersebut lamban dalam proses pengajuan pencarian dana desa tahap I. Sebab, tahun 2024 ini pencairan hanya dilakukan dua kali dalam setahun berbeda dengan tahun sebelumnya.

“Update terakhir dari 180 desa masih ada 6 desa di Kabupaten Sampang yang belum mencairkan dana desa 2024. Namun, dari 6 desa itu 4 di antaranya sudah mengajukan proses pencairan dan dua desa lainnya masih belum mengajukan ke DPMD,” ungkap Imam, Rabu (22/5/2024).

Selain itu, Moh Imam mengatakan, pencairan pertama dana desa yang bersumber dari APBN ini menentukan untuk program-program selama setengah tahun. Karena itu, pihaknya berharap agar desa gerak cepat.

’’Saya berharap agar desa segara melengkapi administrasi. Ini dilakukan agar desa cepat bergerak karena BLT (bantuan langsung tunai) DD itu ada di tahap satu,” pungkas ucap Imam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *