Dekranasda Sampang Sepi Pengunjung dan Hanya Jadi Beban APBD

Ekonomi217 Dilihat

Sampang II SuaraIstana.com

Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, yang digagas mantan Penjabat (PJ) Bupati Sampang Jonathan Judianto mulai dioperasikan hingga kini sepi dari pengunjung.

Pantauan media ini di lapangan, Gedung yang dipersiapkan untuk menggali, melestarikan, dan membina, serta mendorong perkembangan berbagai potensi produk unggulan, karya seni dan atau kerajinan itu dinilai hanya membebankan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sampang.

Penjaga Gedung Kantor Dekranasda Sampang Jay mengungkapkan, bahwa selama dioperasikan gedung tersebut sangat sepi dari pengunjung.

“Cuma ada dua kali pengunjung yang datang ke Deksranasda. Pertama, dari siswa SMK dan kedua dari mahasiswa. Tujuannya, hanya melihat-lihat saja,” singkat Jay kepada SuaraIstana.com saat ditemui dikantornya. Selasa (14/2/2023) pagi.

Sementara Sekertaris Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Sampang Bahrul Alim membantah bahwa pernyataan penjaga Gedung Dekranasda itu tidak benar dan di gedung tersebut mengaku sudah beberapa kali diselenggarakan event.

“Itu hanya penjaga kebersihan dan tidak tahu kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Dekranasda mas, dan kami sudah melakukan event besar dan kegiatan seni rupa buktinya aa semua,” ucap Bahrul saat dikonfirmasi lewat jejaring teleponnya.

Sekadar diketahui, bangunan Gedung Kantor Dekranasda Kabupaten Sampang dibangun pada tahun 2019 lalu dengan nilai pagu Rp 1,3 miliar bersumber dari APBD Sampang TA 2019.