Pemkab Bangkalan Terima Penghargaan Penerapan UHC

Bangkalan II SuaraIstana.com

Upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Bangkalan mengejar cakupan semesta jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage (UHC) membuahkan hasil. Terbukti, Pemkab Bangkalan menerima penghargaan dari Wakil Presiden (Wapres) RI atas capaian UHC. Penghargaan diterima langsung oleh Plt Bupati Bangkalan Drs Mohni MM.

Dalam kesempatan itu, Mohni menyampaikan rasa syukur atas pencapaian UHC di Kabupaten Bangkalan ini. Ia menyampaikan komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan untuk meningkatkan kualitas layanan untuk peserta JKN.

“Tahun ini kami mendapatkan penghargaan itu langsung dari Bapak Menteri. Penghargaan ini tidak semata-mata kami membebaskan masyarakat untuk bisa berobat, namun hendaknya pemberi layanan kesehatan, apakah itu rumah sakit atau lembaga lainnya dapat meningkatkan kualitas layanan kesehatan, jangan sampai masyarakat kecewa,” ungkapnya.

Mohni menambahkan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Bangkalan sangat mendukung Program JKN. Demi kepuasan peserta, perlu adanya kemudahan dan kepastian layanan serta tidak adanya diskriminasi layanan yang terjadi di fasilitas kesehatan.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Bangkalan sangat mendukung Program JKN ini karena manfaatnya telah dirasakan oleh masyarakat. Kalau dulu pelayanan kesehatan masih sulit didapatkan. Sekarang masyarakat dapat dengan mudah memperoleh layanan kesehatan,” pungkasnya.

Tercatat sejak 18 Oktober 2022 sampai dengan 28 Februari 2023, sebanyak 1.052.371 jiwa penduduk Kabupaten Bangkalan telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari total jumlah penduduk 1.083.910 jiwa atau sebesar 97,09%. Artinya, Kini hampir seluruh warga masyarakat di Kabupaten Bangkalan telah dapat mengakses layanan di fasilitas kesehatan.

Penghargaan juga diberikan kepada 22 Provinsi, 334 Kabupaten dan Kota yang telah mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sebagai program strategis nasional dengan mendorong terwujudnya cakupan kesehatan semesta atau Universal Health Coverage (UHC) di Indonesia.